December 20, 2010

Cermat memilih makanan di resto



Salah satu haL yang sering dilakukan saat menjalankan program penurun berat badan adalah menjauhkan diri atau bahkan berusaha menolak undangan dari orang lain untuk menikmati makanan di restoran .
            Padahal jika kita jeli memilih jenis makanan yang tepat, makan direstoran sesering apapun tak akan berpengaruh pada program. Caranya? Berikut kiatnya:
·         Pesan terlebibh dahalu sepersi buah segar. Menyantap buah segar sebelum memilih menu utama, diketahui mampu menekan keiginan untuk makan dalam porsi besar
·         Jauh minuman beralkohol, minuman bersoda, the manis  atau kopi sebelumbersantap . Jenis-jenis minuman ini terbukti menstimulasi rasa sehingga bisa membuat kita tidak bisa menahan diri untuk makan lebih banyak.
·         Hindari menu yang terbuat dari bagian daging berlemak dan makanan yang olah dengan mentega. Pilihlah makanan berbahan dasar sayur atau ikan laut yang diolah dengan cara dikukus atau direbus.
·         Tanyakan pada pelayan restoran,manakah menu yang tidak mengandung banyak lemak dan hanya mengandung sedikit kalori. Biasanya restoran berkualitas menyediakan menu khusus untuk pelanggan yang sedang berdiet.
·         Jika memesan salad, minta agar dressingnya dipisah. Agar kita bisa memperkirakan berapa banyak dressing yang akan dikonsumsi . Sebaiknya pilih salad bebbahan sayuran dan buah segar tanpa topping seafood atau daging-dagingan. Agar aman dari kalori , pilih salad dressing bebbahan dasar minyak zaitun (French dressing), dan jangan pilih thousand island atau blue cheese.

Resensi dari : majalah Kartika edisi 74- September 2009

No comments: