October 6, 2011

IP adress, domain dan name server

Tugas kedua dari matakuliah psikologi dan tekhnologi internet yaitu menjelaskan tentang ip address, domain, dan name server. Berikut penjelasannya,

(Internet Protocol Address atau sering disingkat IP adress)
Adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.
Sistem pengalamatan IP ini terbagi menjadi dua, yakni:
·         IP versi 4 (IPv4)
·         IP versi 6 (IPv6)

Nama domain (domain name)
Adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website. Pada awalnya nama domain hanya dapat dituliskan dengan ke-26 abjad Latin, namun saat ini telah dimungkinkan untuk menggunakan abjad asing dengan Internasionalisasi nama domain.

NameServe
Name Server, adalah server yang mempunyai otoritas dalam membuat nama yang di cari oleh DNS Server.

Sekian yang dapat saya jelaskan mengenai ip address, domain, dan name server. Terima kasih


Sumber : wikipedia.org

Nama             : Nurulia Septyarini Fazria
Npm               : 18510910
Kelas              : 2PA01
Matakuliah    : Psikologi dan Tekhnologi Internet

No comments: